Angel Wing Heart

Green tea - Vanilla Pudding




Beberapa hari yang lalu entah kenapa pingiiiinnnn banget makan pudding. Untungnya ada persediaan pudding vanilla instan, jadi tinggal tambah susu, rebus sebentar tunggu dingin, makan deh…selesai makan jadi pingin coba masak pudding sendiri, bukan yang instan. Lagi iseng-iseng cari resep ketemu gambar pudding teh hijau and jadi pingin nyobain makan pudding teh hijau (blom pernah soalnya… >.<). Sempet bingung sih nyari the hijau dimana, tapi ternyata temenku ada yang jual…jadi gak usah susah-susah cari di toko kue deh… ^^

Singkat cerita aku akhirnya bikin pudding teh hijau ini, tapi yang aku bikin agak terlalu banyak sih green tea powder-nya, habis aku baru tau kalo aroma green tea tuh enak banget…jadi terlalu nafsu masukin green tea powder-nya…hehehe…

Di resep berikut udah aku kurangin kok takaran green tea-nya, jadi jangan kawatir…Douzo…


Bahan:

* Green tea part

½ bungkus agar-agar bening

1 butir kuning telur

Gula sesuai selera

500ml susu cair

1 sdt green tea powder

*Vanilla part

½ bungkus agar-agar bening

500ml susu cair

½ sdt essence vanilla

1 butir kuning telur

Gula sesuai selera


Cara :

*Green tea part

1. Campur agar-agar, susu, gula dan green tea powder ke dalam panci, aduk rata, didihkan.

2. Ambil sebagian campuran dari panci, campur dengan 1 butir kuning telur, kemudian masukkan lagi ke dalam panci dan didihkan kembali.

3. Tuangkan ke dalam cetakan.

* Vanilla part

1. Lakukan langkah yang sama dengan “green tea part” (green tea powder diganti dengan vanilla essence).


Keterangan:

* Tunggu sampai bagian atas campuran green tea agak keras sebelum menuang campuran vanilla. Setelah itu bisa sedikit diaduk untuk menciptakan pola di dalam puddingnya.

* Karena aku males banget bikin vla (ini aja masaknya jam 2 dini hari), jadi aku cuma pake susu kental manis yang putih…hehehe…nanti kalo udah nyoba bikin vla sendiri aku posting lagi deh…



Yosh! Selamat mencoba…!!!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cute bento #4: Soccer Bento





-->
Minna san genki desuka??

This time is another Cute bento for my younger brother… ^^

Kalo nggak salah ini Cute bento pertama yang aku buat untuk Sammy. Makanya masih sepi banget hehehe….temanya adalah soccer. Jadi nasinya aku buat bentuk bola, sepatunya dari telur dadar (mirip sepatu nggak sih??) n nori, kakinya dari keju , terus latar belakangnya tumis kacang panjang deh…gampang bikinnya kan…hehehe… ^^

Itadakimasu!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cute bento #3: Caterpillar Bento




--> -->
Yay…yay…yay…another Cute Bento!!!
Kali ini judulnya ulil (caterpillar) di pohon…hahaha…gak elit yah...nggak apa-apa lah...yang penting rasa dan isinya...hehehe...bento ini aku bikin udah agak lama...untuk adikku yang masih kelas 3 SD (kelinci percobaan dari setiap eksperimen masak-memasakku, hahahaha).
Isi bento kali ini nasi goreng ayam (di dasar kotak bento) yang aku tutup pake telur dadar hijau, terus sayurannya aku tumis biasa aja. Ulilnya aku buat dari nori. Hiasannya aku buat dari keju n wortel yang ditumis tadi…bikin bento ini cukup simple, tapi jadinya lucu…hehehe…
Itadakimasu!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cute bento #2: Cute Onigiri Bento



-->

--> -->
Postingan kali ini cute bento lagi…aku lupa kapan bikinnya…yang jelas ini aku bikin waktu liburan kuliah, untuk bekal kakakku ke kantornya. Karena kakakku porsi makannya dikit and gak suka sayur jadi cuma aku bikinin cute onigiri…isinya…mmm…lupa lagiii….gomen ne…tapi nggak jauh-jauh dari isi yang pernah aku taruh di postingan onigiri kok…hehehe…seperti biasa, hiasannya dari nori dan untuk pipi yang perempuan aku pakein saos tomat... ^^
Itadakimasu!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sup Jamur Enoki

Sebenernya waktu masak Sup Jamur Enoki ini sih bareng sama Pork Curry...tapi aku posting-nya satu-satu biar keliatan banyak...hahahahaha...

Pertama, mungkin masih banyak yang kurang tau jamur enoki itu kaya gimana. Jadi, jamur Enoki itu yang kaya gini (gambar di dapat dari google, karena nyoba foto punyaku tapi hasilnya kurang jelas):


Belinya di swalayan-swalayan besar kaya Hypermart ato Carefour di bagian sayur dan jamur. Di Carefour waktu jamurnya baru baru baru banget dateng masih fresh banget harga per bungkusnya Rp 7900 tapi setelah aku balik lagi beberapa hari kemudian harganya jadi Rp 4500. Nggak tau discount karena udah nggak terlalu fresh atau turun karena di tempat lain lebih murah (aku pernah beli di Hypermart harganya Rp 5000an). Rasanya agak kenyil-kenyil (bahasa apa itu???) berserat...aku sih suka...hehehe...Intinya menurut aku jamur ini nggak terlalu mahal tapi enak ^^

Resep ini ciptaan sendiri (terbiasa kreatif saat kelaparan) jadi ada kemungkinan kurang cocok di lidah orang lain...tapi keluargaku sih suka...hehehe...maaf yah kalo gambarnya kurang menarik...hahaha...



Bahan:

2 bungkus Jamur Enoki

600ml air (kira-kira 3 gelas)

2 sdt Katsuobushi (serutan ikan cakalang)

½ tahu ukuran 10cm x 10cm

Wakame (ganggang laut) kering sesuai selera

2 sdm kecap ikan

2 sdt garam

1 sdt gula

½ sdt penyedap rasa


Cara:

· Potong akar jamur enoki, bersihkan dengan air, tiriskan, sisihkan.

· Tuang air dalam panci, masukkan wakame dan katsuobushi. Tunggu sampai mendidih.

· Masukkan jamur Enoki dan bumbu lain. Tunggu hingga jamur melunak, sekitar 10-15 menit.

· Masukkan tahu, biarkan mendidih sebentar. Angkat.



Keterangan

* Untuk wakame bisa di beli di Carefour, di bagian bumbu-bumbu. Kalo yang aku beli yang kaya gini, harganya sekitar 30rb:

* Kalo katsuobushi (serutan ikan cakalang) aku belinya di swalayan Jepang di daerah Blok M, namanya Papaya. Tapi di kaskus juga udah ada yang jual kok...katsuobushi ini biasa juga dipakai di takoyaki atau okonomiyaki (yang terlihat seperti menari-nari kalo kena panas) bentuknya kaya gini:


(gambar di dapat dari google, karena nyoba foto punyaku tapi hasilnya kurang jelas)

Yosh...Selamat mencoba!

By the way, feel free untuk tanya-tanya resep yang dirasa kurang jelas yah... ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pork Curry

Minna san…Genki desuka?

Hmm...dah lama pingin banget bikin kare a la Jepang tapi bumbunya mahal banget...Akhirnya bikin pake bumbu kare Indofood deh...hahaha...tapi tetep enak kok...

Jadi ini resep untuk Pork Curry a la Purple Angel:

(padahal cuma cemplung-cemplung bahan doang) ^^



Bahan

1 bungkus bumbu kare Indofood

1 buah kentang ukuran besar

½ wortel ukuran besar

¼ kg pork

1 liter air

1 sdt garam

1 sdt penyedap rasa

Larutan tepung terigu ( 1½ tepung + air secukupnya)

Cara:

* Tuangkan 1 liter air ke dalam panci, rebus daging bersama bumbu kare.

* Potong-potong kentang dan wortel sesuai selera.

* Tunggu sampai daging lunak, kemudian masukkan kentang, wortel, garam dan penyedap rasa.

* Tunggu sampai kuah kira-kira tinggal setengahnya. Kecilkan api, masukkan larutan tepung, aduk sampai kuah mengental.

* Sajikan dengan nasi selagi panas.



Keterangan:

· Bisa untuk 4 porsi loh...

· Jumlah wortel dan kentangnya bisa disesuaikan dengan selera, aku cuma pake wortel sedikit karena aku nggak suka wortel... ^^

· Untuk memperindah tampilan, wortelnya juga bisa dibentuk-bentuk (pake vege cutter atau cookies cutter)

· Untuk daging bisa diganti sama daging sapi atau ayam (kalo aku nggak masalah sama halal gak halal sih...hehehe)

· Penyedap rasa yang aku pakai dari ekstrak jamur jadi lebih aman.



Yosh...Itadakimasu!!

Selamat mencoba! ^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Onigiri

Let’s talk about onigiri atau nasi kepal a la Jepang. Untuk mebuat onigiri ini sebenarnya bahan yang diperlukan nggak terlalu susah, paling bahan yang agak repot dan agak mahal cuma norinya aja.

Aslinya onigiri dibuat dari beras Jepang, tapiiiiii….kalo buat aku yang masih mahasiswa ini, bikin onigiri dari beras jepang akan terasa mahaaaaaalllll sekaliiiii…karena untuk biaya untuk beras Jepangnya aja bisa Rp80.000- Rp100.000,- hanya untuk beras 2,5 kg…bikin kantong tipis…


Jadi ketidakmampuan ekonomi mendorong aku untuk search di Google tips-tips bikin nasi a la nasi Jepang…dan hasilnya ternyata mudah…cukup campur beras biasa dan beras ketan dengan perbandingan ¾ bagian beras biasa dan ¼ beras ketan…

Kenapa harus pake ketan? Karena nasi yang di Indonesia walau sudah dikepal-kepal saat dimakan akan buyar dan bikin makan berantakan, makanya perlu pake ketan biar agak lengket.

Untuk onigiri sendiri bikinnya gampang, setelah campuran beras dan ketan udah dimasak cukup dikepal-kepal (atau pake cetakan onigiri) selagi panas. Isinya bisa apa aja, yang pernah aku coba sih tuna mayonnaise, kornet, ayam mayonnaise, sosis mayonnaise dan tumis jamur. Setelah itu dibungkus nori sesuai selera deh…bisa yang polos kaya gini:



*(Yang sebelah kanan aku cari di Google karena ternyata aku nggak pernah dokumentasiin onigiriku yang biasa)


Atau dihias simple kaya gini:


Bisa juga dibuat ekspressi a la komik Jepang seperti ini :


*Tips dalam membuat onigiri:

1. Tambahkan garam, sedikit agar-agar bening atau beberapa lembar konbu (ganggang laut) pada saat memasak nasi agar nasi terlihat lebih mengkilap dan mempunyai rasa.

2. Setelah nasi matang bisa dicampur bumbu apa saja sesuai selera, tapi dibiarin polos (nasi tanpa bumbu) juga nggak apa-apa karena di dalam nasinya udah ada isi, jadi nggak hambar.

3. Saat mengepal-kepal nasi bisa gunakan tangan (kalau tahan sama panasnya), plastik atau cetakan yang sudah diolesi sedikit minyak agar nasi tidak menempel.


Yosh! Selamat mencoba... ^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cute Bento #1: Black Onigiri Bento




-->

Hmmm…jadi tema masakan yang kali ini adalah cute bento....hohoho…aku seneng banget masak cute bento, karena hasilnya lucu-lucu and makannya jadi lebih semangat deh…

Nah untuk cute bento kali ini adalah request dari temen deketku yang lagi suka makan jagung, makanya porsi jagungnya cukup banyak. Terus karena warna jagung sendiri udah cerah aku kombinasiin sama wortel dan kembang kol untuk sayurnya...terus ada jeruk untuk buahnya. Aku sebisa mungkin kalo buat bento kadar gizinya seimbang, dalam artian ada karbohidrat, protein, sayur dan buah. Kecuali emang lagi nggak ada...hehehe...Terus yang hitam tersenyum itu onigiri (nasi kepal a la Jepang) yang dibungkus sama nori…isi onigirinya…hmm…lupa! Hahahaha…maaf yah…habis udah cukup lama sih bikinnya…kalo mata, mulut dan hiasannya di onigiri itu dibuat dari keju yang ditempel ke onigiri dengan bantuan sedikit saus tomat...hehehe...

Ja, itadakimasu!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pancake

Pada suatu hari...entah kenapa aku ngidam pancake bangeeettttt...tapi nggak mau ngeluarin uang. Akhirnya minta bantuan partner sejati yang selalu setia dan tidak pernah meninggalkanku kecuali listrik mati atau internet mati (baca Google). Daaannn...dapet resep dasar pancake and ternyata bahannya punya semua...Yatta!!!

Jadi aku langsung naik shinkansen menuju dapur...Ngacak-ngacak dapur, buka-tutup kulkas, campur sana-campur sini dan akhirnya terciptalah pancake pertamaku nan lembut dan lezat ini...



Untuk pancake ini aku pake topingnya madu...dan ini resepnya:

2 gelas (ukuran 200ml) tepung terigu
2 sdt baking soda
1/2 sdt garam

4 sdm gula (bisa diganti sesuai delera)

400ml susu + 2 sdt vanili bubuk (bisa diganti susu rasa vanila)

1 ½ sdm cuka/ air jeruk nipis
2 sdm mentega/butter di cairkan (bisa diganti minyak goreng)

1 butir telur

Toping sesuai selera (madu, sirup, susu kental manis, dsb)

Cara :
1. Campur bahan kering; tepung terigu, garam, gula dan baking soda. Aduk dan sisihkan.

2. Campur bahan basah; susu + cuka/ air jeruk nipis (susu akan pecah seperti yoghurt/susu basi), lalu telur, kemudian mentega/butter cair/minyak goreng. Aduk sampai rata.

3. Campur bahan basah ke bahan kering sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tidak ada tepung yang menggumpal. Diamkan selama 15-60menit.

4. Panaskan wajan, taruh sedikit minyak (kalau pake wajan teflon gak pake minyak tidak apa-apa) tunggu hingga panas.

5. Tuangkan 1 sendok sayur adonan, tunggu hingga berpori dan bagian bawah berwarna kecoklatan.

6. Setelah bagian bawah berwarna kecoklatan, balik, tunggu sampai sisi satunya berwarna kecoklatan juga, angkat. Lakukan sampai adonan habis

7. Tuang toping ke atas pancake dan sajikan selagi panas.

*Jika adonan terlalu cair tambahkan tepung, jika terlalu padat tambahkan susu.


Yosh! Selamat mencoba...



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...