Angel Wing Heart

Onigiri

Let’s talk about onigiri atau nasi kepal a la Jepang. Untuk mebuat onigiri ini sebenarnya bahan yang diperlukan nggak terlalu susah, paling bahan yang agak repot dan agak mahal cuma norinya aja.

Aslinya onigiri dibuat dari beras Jepang, tapiiiiii….kalo buat aku yang masih mahasiswa ini, bikin onigiri dari beras jepang akan terasa mahaaaaaalllll sekaliiiii…karena untuk biaya untuk beras Jepangnya aja bisa Rp80.000- Rp100.000,- hanya untuk beras 2,5 kg…bikin kantong tipis…


Jadi ketidakmampuan ekonomi mendorong aku untuk search di Google tips-tips bikin nasi a la nasi Jepang…dan hasilnya ternyata mudah…cukup campur beras biasa dan beras ketan dengan perbandingan ¾ bagian beras biasa dan ¼ beras ketan…

Kenapa harus pake ketan? Karena nasi yang di Indonesia walau sudah dikepal-kepal saat dimakan akan buyar dan bikin makan berantakan, makanya perlu pake ketan biar agak lengket.

Untuk onigiri sendiri bikinnya gampang, setelah campuran beras dan ketan udah dimasak cukup dikepal-kepal (atau pake cetakan onigiri) selagi panas. Isinya bisa apa aja, yang pernah aku coba sih tuna mayonnaise, kornet, ayam mayonnaise, sosis mayonnaise dan tumis jamur. Setelah itu dibungkus nori sesuai selera deh…bisa yang polos kaya gini:



*(Yang sebelah kanan aku cari di Google karena ternyata aku nggak pernah dokumentasiin onigiriku yang biasa)


Atau dihias simple kaya gini:


Bisa juga dibuat ekspressi a la komik Jepang seperti ini :


*Tips dalam membuat onigiri:

1. Tambahkan garam, sedikit agar-agar bening atau beberapa lembar konbu (ganggang laut) pada saat memasak nasi agar nasi terlihat lebih mengkilap dan mempunyai rasa.

2. Setelah nasi matang bisa dicampur bumbu apa saja sesuai selera, tapi dibiarin polos (nasi tanpa bumbu) juga nggak apa-apa karena di dalam nasinya udah ada isi, jadi nggak hambar.

3. Saat mengepal-kepal nasi bisa gunakan tangan (kalau tahan sama panasnya), plastik atau cetakan yang sudah diolesi sedikit minyak agar nasi tidak menempel.


Yosh! Selamat mencoba... ^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

xiu ik mengatakan...

thanx u banget infony sis
sgt membantu w yg baru mulai belajar membuat bento khususny onigiri...lol

Sysyl mengatakan...

@xiu ik: sama2...seneng deh infonya bisa membantu ^^

Unknown mengatakan...

Sis, kl msk nasinya takaran airnya sebrapa ya?apa sma aja kl pake magiccom. Thx

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
back to top