Angel Wing Heart

Piggy Bread - Roti Rakyat by NCC




Aahh~

Sudah lama tidak update blog ini, bahkan melewatkan moment natal dan tahun baru :D  

Selamat Natal dan Tahun Baru untuk pembaca-pembaca blog saya. Semoga tahun ini mendatangkan lebih banyak kesuksesan untuk kita semua…Mohon maaf telat mengucapkan, maklum...saya masih jadi karyawan yang harus kejar setoran…hehehehe

Sebagai pembuka tahun saya mau posting roti rakyat yang baru saja saya buat…resep ini saya dapatkan dari NCC. Dari pertama liat langsung jatuh cinta sama resep ini *emang dasarnya matiran jadi cuma jatuh cinta sama resep-resep yang gampang*. Resep asli memakai tepung 1kg, tapi saya hanya buat ¼ resep ditambah sedikit susu bubuk...Itu pun sudah cukup membuat tangan pegal-pegal.

Karena dasarnya malas dan sudah capek menghindari banjir *yang terakhir sih alasan doang*, roti tidak saya uleni sampe elastis, alhasil roti rakyat buatan saya tidak terlalu lembut…padahal menurut para suhu di NCC seharusnya roti ini lembut…yaaahhh…untuk hitungan roti perdana sih cukup sakses, karena walau bikinnya 3 jam lebih roti rakyat buatan saya habis kurang dari 30 menit ^^ 

Enak juga makan roti yang masih hangat, fresh from the oven ditemani secangkir kopi susu hangat sambil memandangi hujan dari jendela *tsaaahhh. Berikut ini resepnya:

Roti Rakyat
By Rini Anggreini NCC

Bahan Dasar:
1 kg tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt Garam
260 gr gula pasir
100 gr margarin
12 gr ragi instan
600 ml air 560ml dg mixer

Cara Membuat:
1. Campur terigu, gula, dan ragi. aduk rata. masukan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis lalu masukan garam dan margarine.
2. Uleni lagi sampai kalis 45 menit.
3. Adonan di pukul dan banting sampai elastis.
4. Diamkan adonan selama 50-60 menit sampai mengembang.
5. Oles loyang dengan margarine.
6. Potong aodonan 40g atau 50 gr (tergantung selera). Pipihkan. beri isi. bulatkan.
7. Diamkan adonan selama 1 jam.
8. Panggang adonan pada suhu 180-190 derajat Celsius selama 20-30 menit hingga berwarna kecoklatan.
9. Setelah matang langsung angkat dan dinginkan di cooling rack. Setelah dingin beri minyak sedikit untuk mengkilapkan bagian atas roti.

Roti yang saya buat tidak mengkilap karena salah liat langkah…entah kenapa bisa salah, jadi setelah roti mulai coklat saya angkat sebentar, oles mentega filma BOS lalu saya panggang lagi sebentar.

Oh iya, tips tambahan dari Mbak Rini, jika suhu mendung/hujan sebaiknya adonan didiamkan sampai 2 jam. Mungkin ini juga penyebab ketidaklembutan roti yang saya buat. Seperti yang kita ketahui bersama, hari ini Jakarta hujan dan bajir dimana-mana, daaann saya nekat hanya mengistirahatkan adonan 1 jam. Adonan saya taruh di baskom, ditutup lap basah, dan saya letakkan di oven (yang tidak saya nyalakan) di atas wadah yang berisi air panas. Saya lihat setelah 1 jam adonan sudah mengembang menjadi 2x lipat, jadi langsung saja saya bentuk…

       Saat saya bentuk, roti ini kecil-kecil...makanya sempat khawatir jadinya bantat, ternyata setelah jadi malah mengembang sebesar bakapau mini, hihihi...padahal ukuran per roti hanya sekitar 20gram.

Anyway, untung roti tetap enak dimakan dan menurut saya resep ini termasuk mudah dibuat, dengan bahan yang tidak terlalu susah ditemukan. Yang tidak mudah dalam membuat roti ini hanya proses membuat adonan elastis x_x

Ja itadakimasu ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...